Berebut Tiket Menuju Festival Isen Mulang 2011

DeTAK BUDAYA - EDISI 175

Tak kurang dari lima belas pasangan turut ambil bagian dalam ajang Pemilihan Lomba Lagu Pop Daerah Kalteng, yang diselenggarakan Pemerintah Kota Palangka Raya pekan lalu. Ini merupakan ajang tahunan yang digelar dalam persiapan menuju Festival Isen Mulang Tingkat Provinsi bulan ini.

FOTO: YUSY
Setelah melalui lomba dan penjurian, akhirnya dipilih enam pasang pemenang untuk kategori lomba lagu pop daerah tersebut. Mereka adalah pasangan Olivia Ilona Tunjang dan Rio Seprayen meraih Juara pertama, Rio dan Dhea meraih Juara Kedua serta Daniel Kristian dan Cecillia Marsha Putri sebagai Juara Ketiga. Sementara itu, untuk juara harapan pertama diraih Alalanda Ludus Saingan dan Maria, harapan dua diraih oleh Ivan Loren Theo dan Magdalena dan harapan ketiga diraih oleh Aberia Medianto dan Yolanda Priscila Putri.
Lomba Lagu Pop Daerah ini diadakan selama dua hari. Ada tiga juri yang menilai para peserta untuk untuk kompetisi ini, yakni Kapeno Nahan, Gerhard Gere Masal, dan Hagai. Lagu yang dipilih sebagai lagu wajib dalam lomba ini adalah lagu ‘Mameteng lawai gita’ karya gerhard gere. Dimana lagu tersebut sengaja di jadikan lagu wajib karena lagu ini belum populer dan belum pernah dinyanyikan, seperti dikatakan Yohana mewakili ketua panitia dan Kadis Budpar Kota Palangka Raya, Tracy Anden. Dan lagu pilihan bebas dipilih oleh peserta. Adanya duet untuk lomba lagu pop daerah ini diakui baru diadakan tahun ini, hal tersebut dikarenakan permintaan dari provinsi, “ pada festival Isen Mulang tidak ada yang menyanyi solo melainkan duet” jelas Yohana.
Yang menjadi wakil dari kota untuk maju pada tingkat provinsi hanya satu orang saja yang terpilih. Ia mengakui, pada tahun ini, perserta yang ikut rata-rata memiliki kemampuan yang bagus. Peserta yang mengikuti kegiatan sendiri terdiri dari mahasiswa, pelajar dan ada beberapa dari sanggar-sanggar dan terbuka untuk umum, “tahun ini lebih banyak peminatnya” ujarnya. Disbudpar Kota Palangka Raya sendiri berharap, agar peserta bisa lolos dan menjadi yang terbaik, baik di tingkat provinsi.
Selain lomba lagu pop daerah, budpar juga mengadakan audisi Gita Bahana Nusantara tingkat kota Palangka Raya, dan sudah melewati tahap seleksi pemenang untuk kembali bersaing di tingkat provinsi nantinya. Mereka adalah, untuk putra pemenang pertama adalah Alalanda Ludus Saingan, kedua Ivan Lorentheo, ketiga adalah Harvest, keempat, Dhani, kelima Yunada dan keenam Andrew Soan. Pemenang purti, pertama Cecillia Marsha Putri, kedua Maria Elfrieda Concelia, ketiga Meyria Sintani, keempat Connie, kelima Magdalena dan keenam adalah Oriza Zahra.(DeTAK/yusy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar