DeTAK KOTA - Nilai Kemerdekaan Sangat Mahal

DeTAK EDISI 137

HM. Riban Satia
Dalam rangka memperingati HUT ke-65 Kemerdekaan RI, pemerintah kota melalui dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar hiburan rakyat, di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palangka Raya, pekan lalu.
Walikota Palangka Raya HM. Riban Satia dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Sanijan CES pada acara malam hiburan rakyat tersebut mengatakan, Proklamasi kemerdekaan merupakan tonggak sejarah yang paling penting.
Sebab dengan tidak adanya kemerdekaan negeri ini, katanya, tidak mungkin di Republik Indonesia ini dapat berjalan seperti sekarang ini. Disisi lain, katanya, bahwa kemerdekaan Republik Indonesia tidak didapat dengan cuma-cuma, namun didapat dengan penuh perjuangan, pengorbanan darah, air mata, bahkan nyawa.
Dengan demikian, Riban berharap kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya Kota Palangka Raya agar dalam mengingat kemerdekaan itu, semua masyarakat dapat merenungkan kembali betapa berharga dan bernilainya suatu kemerdekaan tersebut.
Dengan kemerdekaan ini, walikota meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat mengisi kemerdekaan tersebut dengan berbuat yang terbaik bagi bangsa ini dan berjuang untuk melawan ketertinggalan, kemiskinan, dan kebodohan.
Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa acara hiburan rakyat merayakan HUT ke-65 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia juga menyongsong bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah.
Dalam bulan suci Ramadhan ini, pemerintahan Kota Palangka Raya mengajak segenap umat Islam agar dapat meningkatkan keimannya dan taqwa dengan melakukan amal saleh dengan menjalankan ajaran agama Islam berdasarkan rukun Islam, kata Riban.
Ia juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar saling toleransi dan menjaga suasana aman tentram dan damai, sehingga bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa bisa berjalan dengan khusuk.
Acara yang lebih memfokuskan pada kegiatan budaya ini mengajak sebuah komunitas seni yang ada di Palangka Raya, yaitu komunitas seniman dan budayawan Palangka Raya sebagai pengisi acara kegiatan.
Diawali dengan penampilan Sansana Kayau yang terdiri dari empat orang. Kemudian di lanjutkan dengan pembacaan puisi oleh budayawan Palangka Raya JJ Kusni. Acara yang digelar untuk menghibur rakyat ini juga menampilkan tarian daerah yaitu tarian Gelang Dadas, kemudian happening art, musikalisasi puisi, komedi dan karungut. Pada kesempatan tersebut Sekda Sanijan CES, Kadis Budpar kota dan masyarakat ikut turun ke lapangan untuk ikut manasai mengiringi nyanyian karungut. Meskipun diberi judul sebagai hiburan rakyat, sayangnya kegiatan tersebut sepi dari penonton yang berasal dari rakyat atau masyarakat. (DeTAK - yusy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar