Palangka Masuk Nominasi Penerima IGA 2010

DeTAK POLITIK EDISI 142


PALANGKA RAYA, DeTAK - Kementerian Dalam Negeri(Kemdagri) menetapkan 30 daerah yang masuk dalam nominator penerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2010. Kota Palangka Raya salah satunya.
“Dari 30 nominator itu akan diseleksi oleh tim tenaga ahli hingga mendapatkan 12 nominator dan mengerucut hingga empat pemenang yang akan diumumkan Oktober mendatang oleh Mendagri,” kata Kepala Bagian Humas Setda Kota Sahdin Hasan, Kamis. .
Penyelenggaraan IGA ini merupakan salah satu kegiatan Kemdagri yang telah dilakukan sejak 2007. Penyelenggaraannya pun didasarkan pada Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, dimana dalam Pasal 219 disebutkan, Kemdagri memberi penghargaan kepada pemda yang berprestasi.
Kemdagri sendiri telah empat kali memberikan penghargaan kepada daerah yang berprestasi karena memiliki terobosan/kegiatan inovatif yang berdampak secara nasional sebagai bentuk pelaksanaan pembinaan terhadap pemerintah kabupaten/kota diseluruh Indonesia.
Sahdin mengatakan, ditetapkannya 30 daerah karena mempunyai novasi-inovasi yang bermanfaat bagi rakyat di daerah tersebut. Kota Palangka Raya, misalnya, dinilai Kemdagri memiliki terobosan dan kreativitas meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat pada bidang kesehatan.
“Pelayanan kesehatan 24 jam yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya melalui layanan ambulans menjadi yang diandalkan dalam bidang kesehatan,” ungkap Sahdin lagi.
Menurut Sahdin, Walikota Palangka Raya HM Riban Satia tetap optimis memajukan berbagai bidang pembangunan dengan lebih inovatif lagi. “Masuknya Palangka Raya sebagai nominator adalah bukti dan wujud keberhasilan koya yang dinilai langsung oleh pemerintah pusat. Tapi, ini bukan tujuan, namun semata-mata sebagai upaya membangun Kota Palangka Raya dengan lebih inovatif dan berkreasi,” lanjutnya.
Ke-30 daerah nominator pengerima penghargaan IGA 2010 adalah Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kota Batam, Kabupaten bangka,Kabupaten Lebak, Kabupaten Garut, Kota Sukabumi dan KabupatenTasikmalaya.
Daerah lainnya, yakni Kota Pekalongan, Sragen, Surakarta,Kebumen, Purbalingga, Kota Malang, Jember, Ponorogo, Tulungagung,Kota Pontianak, Kabupaten Kutai Timur, dan Kota Palangka Raya.
Kemudian, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Gianyar, KabupatenJembrana, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Gowa dan Kota Baubau.Sisanya adalah Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Boalemo, Kota Ambondan Kabupaten Raja Ampat. (DeTAK-rickover/net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar