Halaman Puskesmas Perlu Timbunan

DeTAK UTAMA EDISI 144

KASONGAN, DeTAK - Sejumlah masyarakat Kota Kasongan mengeluh, lantaran jalan atau halaman menuju Puskesmas Katingan Hilir yang ada di Kota Kasongan setiap datangnya banjir selalu terendam, sehingga untuk berobat ke sana tidak bisa.
“Perlu perhatian dari Pemerintah Kabupaten Katingan dan Dinas Kesehatan setempat untuk menganggarkan penimbunan di halaman tersebut, sehingga pasien dapat berobat ke sana ,” kata Mama Wisnu, salah seorang pasien yang tinggal di Kasongan.
Pantauan DeTAK, halaman yang ada di Puskesmas Katingan Hilir yang merupakan satu-satunya Puskesmas di ibukota Katingan itu memang terendam sekitar 10 centimeter. Saat debit air bertambah seperti tahun-tahun yang lalu, kemungkinan akan menenggelamkan sebagian teras tersebut.
Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Alpian Noor melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Tarigan, membenarkan terjadinya banjir tersebut. "Ketinggian air di halaman biasanya sekitar 40 centimeter dibawah badan jalan yang ada. Inimemerlukan penimbunan agar tidak sampai tenggelam bila banjir datang. Selain itu, agar masyarakat bisa berobat di Puskesmas," terang Tarigan via telepon, Kamis.
Sayangnya, untuk tahun anggaran 2011 penimbunan tidak dialokasikan mengingat keterbatasan dana.
"Kita telah usulkan lewat APBN atau dana alokasi khusus (DAK). Yang diusulkan bukan hanya penimbunan saja, tapi juga perehaban Puskesmas," ungkap Tarigan.
Tarigan berharap, Kementerian Kesehatan dapat menyetujui usulan perehaban dan penimbunan halaman Puskesmas. Terkait dengan gudang farmasi yang keberadaannya berdampingan dengan Puskesmas setempat, Manalu selaku Kepala Bidang Farmasi Dinas Kesehatan juga meminta Pemerintah agar mengalokasikan pembangunan baru.
“Gudang obat yang ada sekarang, meskipun masih layak untuk dipakai, tapi keberadaannya rentan terhadap banjir. Jika banjir datang dan semakin tinggi debit airnya,dikhawatirkan akan merendam gudang tersebut, sehingga obat-obatan yang ada di dalamnya akan mengalami kerusakan,” pungkas Manalu. (DeTAK-aris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar