Kartini Dalam Lukisan Anak

DeTAK BUDAYA EDISI 173

Padepokan Parei pimpinan Eko Yulianto Sunugraha atau Eko Yess, yang dulunya dikenal dengan pak Eko Yess sanggar Sketsa, 24 April pekan lalu memperingati Hari Kartini 21 April 2011 dengan cara berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Kali ini Hari Kartini diperingati dengan mengadakan lomba melukis, mewarnai dan exhibition lukisan anak-anak dengan tema Kartini di kawasan bundaran besar, tepatnya di depan rumah jabatan gubernur Isen Mulang. Lebih dari 60 anak dari tingkat TK, SD dan SMP mengikuti kegiatan ini.

Selain untuk memperingati hari Kartini, kegiatan ini juga diadakan dengan maksud menggiatkan seni rupa, khususnya seni lukis anak di kota Palangka Raya, “Event seperti ini sering dilakukan supaya anak-anak kita cinta terhadap seni lukis” harapnya saat ditemu dalam kegiatan tersebut. Untuk penjurian dilakukan langsung dari padepokan Parei. “ Exhibition untuk anak-anak yang pernah belajar di tempat kita” lanjutnya. Dalam kesempatan ini, juga diadakan lomba mewarnai dan melukis bagi orang tua, yang bertujuan untuk memberikan pengharagaan terhadap orang tua anak atas peran mereka dan agar ikut partisipatif.
Kegiatan yang dimulai pukul 08:00 WIB, ini mendapat animo yang baik dari peserta dan masyarakat. Setelah melewati penjurian, maka, pihak panitia dari padepokan parei pun mengumumkan hasilnya. Mereka yang menjadi pemenang dari tiga kategori perlombaan. Untuk lomba mewarnai tingkat SD juara pertama sampai tiga secara berurutan diraih oleh Nabila Regita, dari SD Percobaan, Fidela dari SD Muslimat NU dan Laila Maulida dari Min Model. Sedangkan juarah harapan secara berurutan diraih oleh Hanifa Risfana SDN Percobaan, Aprila Nurazizah dari SDN Percobaan dan Caca Calisa Azalia dari SDN Percobaan.
Sedangkan untuk lomba lukis para pemenangnya, adalah Ira Aprilia dari SD Muhammadiyah, Ari Triani dari SD 6 Palangka Raya dan Facha Nabila dari SDN 4 Menteng. Untuk juara harapan diraih oleh Pudita Rizky Amelia dari SDN 10 Palangka Raya, Clara SD Percobaan dan Muhamad Khaidir dari SD 4 Menteng.
Kemudian, untuk pemenang lomba lukis senior SD juaranya adalah secara berurutan, Nurul Azizah dari SDN 6 Palangka Raya, Salsa Anisa dari SDN Percobaan dan Ika Tania Chaerani dari SDN 4 Menteng. Juara harapan, Dimas Adi Putra SDN 8 Langkai, Ariska Anunuri dari SDN Percobaan dan Puput dari SMP 2 Palangka Raya.
Untuk hasil lomba exhibition lukis yunior, para pemenangnya secara berurutan dari yang pertama adalah Rivana Alyya dari TK Perwanida 1, Nabila Anastasya dari SDN 4 Menteng dan Melinda dari TK Alfurqon. kemudian Fathia Febylafayza dari Tk Perwanida 1, Gavrila Chesta dari TK Perwanida 1 kemudian Alya dari TK Aqidah. Lomba melukis dan mewarnai orang tua, pemenangnya adalah pertama mama Aulia, kedua Martini dan ketiga Ami Aryati.(DeTAK/yusy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar