DeTAK BUDAYA - Agenda Budaya dan Pariwisata di Bumi Tambun Bungai

Agenda Budaya dan Pariwisata di Bumi Tambun Bungai (Bagian 2)

Pekan Budaya Daerah Bumi Gawi Barinjam
Ajang sejenis Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) juga dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan ini dinamai “Pekan Budaya Daerah Bumi Gawi Barinjam”.
Dalam kegiatan ini, digelar sejumlah lomba permainan tradisional masyarakat setempat antara lain dayung, kayu hantu, sepak bola api, kelotok (perahu-red) hias, bagasing, balogo, menyumpit, menebang kayu, layang-layang, menangkap ikan, berbalas pantun, Pemilihan Ujang dan Aluh Kotawaringin Timur dan lain-lain.
Rangkaian kegiatan ini biasa dilaksanakan setiap tanggal 26 Maret sampai dengan 1 April setiap tahun, di Kota Sampit, Ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sukamara Fair
Kabupaten Sukamara juga memiliki ajang festival budaya yang berisi lomba seni budaya dan permainan tradisional. Even tahunan ini disebut Sukamara Fair dan biasa digelar antara bulan Juli sampai dengan Agustus setiap tahunnya.
Selain memperlombakan cabang seni budaya dan permaianan tradisional, kegiatan ini biasanya juga dirangkai dengan pameran dagang, industry dan kerajinan daerah setempat.

Festival Mangkikit
Kabupaten Katingan juga memiliki kegiatan festival budaya tahunan. Ajang ini bertajuk “Festival Mangkikit” dan biasa digelar dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Katingan.
Selain lomba permainan tradisional dan seni budaya, juga digelar pula wisata petualangan yakni arung jeram menyusuri Riam Mangkikit, anak Sungai Mangkikit.

Festival Jukung Hias
Kabupaten Pulang Pisau memiliki ajang festival yang unik. Ajang ini memperlombakan keindahan perahu tradisional yang biasa disebut dengan jukung dengan hiasan motif khas Kalimantan Tengah. Jukung-jukung yang dilombakan merupakan kreasi dari masing-masing perwakilan kecamatan.
Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan Agustus di Kota Pulang Pisau.

Tiwah Massal
Tiwah merupakan ritual mengantar roh orang yang telah meninggal dunia kembali ke Ranying Hatala Langit atau Tuhan YME dalam kepercayaan penganut Kaharingan di Kalimantan Tengah.
Ritual ini dibagi atas beberapa rangkaian acara dengan sesuai fase waktu yang telah ditentukan. Pembagian prosesi tersebut diistilahkan dengan Tabuh.
Di Kalimantan Tengah, terdapat suatu kegiatan Tiwah yang melibatkan banyak keluarga atau biasa disebut Tiwah Massal. Dalam acara ini paling sedikit ada 30 keluarga yang melakukan Tiwah.
Kegiatan ini dilaksanakan setiap tanggal 18 Juli hampir di seluruh wilayah Kalimantan Tengah. Tabuh kedua atau acara puncak dari ritual Tiwah Massal diadakan secara bergantian di setiap kecamatan.


Mamapas Lewu dan Pakanan Sahur
Ritual Mamapas Lewu dan Pakanan Sahur merupakan upacara pembersihan kampung halaman dari bala dan marabahaya dengan lelaku tertentu.
Kegiatan ini merupakan tradisi masyarakat Suku Dayak Kalimantan Tengah pada umumnya dan di Kabupaten Kotawaringin Timur diagendakan digelar setiap tahun pada bulan September,


Simah Laut
Simah Laut merupakan ritual adat yang dilakukan oleh masyarakat nelayan di pesisir pantai Kabupaten Kotawaringin Timur. Tradisi ini merupakan bentuk ungkapan terimakasih masyarakat kepada Sang Pencipta atas anugerah hasil laut berupa ikan yang setiap waktu mereka tangkap.
Biasanya digelar tiap akhir tahun di Pantai Ujung Pandaran. (DeTAK – didindan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar