DeTAK BUDAYA

Agenda Budaya dan Pariwisata di Bumi Tambun Bungai (Bagian 1)

Keunikan adat istiadat serta eksotisme pesona alam baik flora dan fauna merupakan keunggulan Provinsi Kalimantan Tengah di bidang pariwisata.

Guna mempromosikan potensi tersebut ke khalayak ramai, pemerintah masing-masing daerah memiliki berbagai agenda budaya dan pariwisata setiap tahunnya.
Apa saja agenda-agenda tersebut, berikut kilasannya.

Festival Budaya Isen Mulang
Festival budaya yang sering disingkat FBIM ini digelar setiap tahunnya guna menyemarakkan HUT Provinsi Kalimantan Tengah. Biasanya, ajang multi even budaya ini dilangsungkan antara tanggal 19-24 Mei. Kegiatan yang dilaksanakan bertempat di ibukota Palangka Raya ini diikuti oleh seluruh kontingen dari Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah.
Adapun cabang-cabang olahraga dan budaya tradisional yang diperlombakan antara lain karnaval budaya, tari pesisir dan garapan, Pemilihan Duta Wisata, lomba masakan tradisional, malamang, mangenta, mangaruhi, manetek (memotong) dan manyila (membelah) kayu, balogo, sepak sawut (sepak bola api), besei kambe (mendayung berlawanan arah), manyipet (menyumpit), dayung tradisional, jukung (perahu) hias dan lain-lain.
Selain itu, ajang ini juga sering digelar bersamaan dengan ajang pameran pembangunanm industri dan perdagangan bertajuk Kalteng Expo yang diikuti oleh seluruh stand dari kabupaten se-Kalimantan Tengah serta provinsi lain di Indonesia.
Selain untuk tingkat Provinsi, di tingkat Kabupaten dan Kota ajang ini juga digelar rutin setiap tahunnya. Kota Palangka Raya merupakan salah satu yang menggelar even ini sebagai wadah seleksi bagi atlet-atlet tradisional yang akan disiapkan ke ajang FBIM tingkat provinsi.

Festival Budaya Buntok
Buntok merupakan ibukota dari Barito Selatan, salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah. Pada setiap tahunnya, pemerintah setempat juga memiliki even festival budaya semacam FBIM.
Kegiatan ini dinamakan Festival Budaya Buntok dan biasa digelar setiap tanggal 15-20 September.

Festival Seni dan Budaya Tamiyang Layang
Kegiatan festival budaya juga telah menjadi agenda rutin tahunan di Tamiyang Layang. Even bertajuk Festival Seni dan Budaya Tamiyang Layang ini biasa digelar pada awal April setiap tahunnya.
Ajang pesta budaya rakyat ini berisi ajang lomba budaya dan aneka permainan tradisional khas Kalimantan Tengah, khususnya yang berasal dan hidup daerah Kabupaten Barito Timur.

Festival Seni dan Budaya Habaring Hurung
Selain di Barito Timur dan Selatan, ajang semacam FBIM juga digelar setiap tahun di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan festival budaya ini dinamai Festival Seni dan Budaya Habaring Hurung dan digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Kotawaringin.
Ajang pesta budaya biasa digelar di Kota Sampit, pada tanggal 1-7 Januari setiap tahunnya. (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar