SPS Ganti Nama, Dahlan Iskan Terpilih Kembali

Catatan dari Kongres 23 SPS di Denpasar, Bali


DeTAK ANEKA EDISI 189

Peserta Kongres ke-23 SPS, saat pembukaan
di Aula kantor Gubernur Bali.
Kegiatan Kongres ke-23 Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) yang berlangsung sejak 7 – 9 Juni 2011 di Ball Room Hotel Aston Denpasar, Bali, menghasilkan beberapa keputusan penting yang membuat babak baru sejarah SPS di Indonesia. Keputusan yang bersejarah tersebut adalah mengganti nama Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) menjadi Serikat Perusahaan Pers (SPS). Meskipun namanya berubah, tetapi kependekan singkatan namanya tetap SPS, bukan SPP.
Sementara itu, Ketua Umum SPS periode 2007 – 2011 Dahlan Iskan, terpilih kembali secara aklamasi untuk memimpin SPS periode kedua empat tahun ke depan (periode 2011 – 2015).
“Penggantian nama tersebut sudah menjadi hasil kongres ke-23, sehingga dengan sebutan baru SPS ini akan menjadi langkah maju organisasi tersebut ke depan,” kata Ketua Umum SPS Dahlan Iskan di Denpasar, Rabu malam, pekan lalu.
Pemimpin Umum/Redaksi Tabloid DeTAK,
Syaifudin HM foto bersama dengan Ketua Umum
SPS Dahlan Iskan disela-sela kegiatan Kongres
Dahlan yakin SPS akan maju karena dalam kepengurusan organisasi yang baru ini akan ada bidang yang khusus menganalisis dan mempersiapkan sumber daya manusia, termasuk konsultan profesional yang mengurusi program-program kerjanya. “Di sekretariat SPS yang baru ini tidak saja menempatkan karyawan yang mengurusi administrasi perkantoran dan keanggotaan, tetapi kami juga akan mengangkat konsultan profesional dalam pembuatan program kerja, termasuk juga mengevaluasinya,” jelasnya.
Dia menjelaskan, pengangkatan konsultan ini untuk membuat program kerja dan mengevaluasi program yang dikerjakan pengurusnya sendiri. “Dalam era globalisasi, saya sadari persaingan media cetak dengan media internet sangat ketat, maka dari itu peran konsultan di organisasi ini sangat penting. Dengan adanya seorang konsultan diharapkan nanti sekaligus mampu mengarahkan apa langkah sebaiknya media cetak agar tetap eksis,” katanya.
Menurut dia, perkembangan media cetak atau suratkabar akan dapat eksis di tengah persaingan dengan media internet bila media tersebut bisa beradaptasi dengan masyarakat. “Suratkabar yang mampu menyajikan berita-berita terkini berdasarkan kode etik jurnalistik, saya yakin akan dapat diterima warga. Artinya suratkabar tersebut pasti akan tetap eksis,” ucapnya.
Pada acara penutupan Kongres SPS tersebut diserahkan “Indonesia Print Media Awards” (IPMA) 2011 kepada penerbit suratkabar, tabloid dan majalah. Di antara yang mendapat penghargaan adalah Kompas, Seputar Indonesia, Banjarmasin Post, Republika, Tempo, tabloid Cantiq, dan Tribun.
Kegiatan Kongres 23 SPS itu, dihadiri cabang SPS seluruh Indonesia, para pemimpin perusahaan pers selaku anggota SPS. Dari Kalteng hadir Sekretaris SPS Kalteng Barthel B.Usin, Pemimpin Umum/Redaksi Tabloid DeTAK Syaifudin HM, kemudian M. Arifin (Palangka Post) dan Eva dari Tamiang Layang. (DeTAK – syaifudin HM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar