Kawasan Transmigrasi Hyangbana Sedot Rp 12 Miliar

Katingan-Rabu kemarin, Bupati Katingan Duwel Rawing meresmikan kawasan Transmigrasi Desa Hyangbana di Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan. 

MENARI-Bupati Katingan Duwel Rawing dan Kapolres
Katingan menari Manasai pada acara Marajang atau
selamatan
atas pembukaan kawasan Transmigrasi di
Desa Hyangbana,
Kamis (20/4) pekan lalu. Foto: Aris
Disitu ada 200 Kepala Keluarga (KK) yang bakal menjadi penduduk di desa itu. Bupati meminta, warga setempat bisa bersosialisasi dengan para transmigrasi.
"Yang datang nanti bukan saja dari warga kita di Kabupaten Katingan, tapi separuhnya datang dari luar daerah. Misalnya, 25 KK dari Jateng, 25 KK dari Lampung, 25 KK dari banten, dan 25 KK dari Jogya. Sedangkan, warga kita 100 KK," kata Bupati.
Kini 200 unit perumahan sementara dibangun. Dinas Pekerjaan Umum setempat juga akan meningkatkan jalan sekitar 6 km dari Kota Kasongan menuju desa tersebut. Dananya sudah dianggarkan dari APBD 2011. Disusul pembuatan saluran irigasi agar lahan nantinya terhidar dari endapan air.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi Kalteng, Hendri MS menmabahkan, kawasan transmigrasi Desa Hyangbana sebenarnya sudah diusulkan sejak 7 tahun lalu, yakni sejak 2004 lalu, namun baru dikabulkan 2011 ini. “Harus melalui berbagai proses yang panjang. Diantaranya, harus melalui survei di lapangan dan berbagai proses lainnya,” kata Hendri. Jumlah dana yang dikucurkan untuk pembukaan kawasan transmigrasi sekaligus untuk bangunan 200 unit perumahannya keseluruhan, lanjut Hendri, berjumlah sekitar Rp 12 miliar lebih yang berasal dariAPBN 2011.
Sehubungan dengan kontrak yang sudah disepakati soal pembukaan kawasan transmigrasi itu, Hendri berharap Dinas Sosnakertrans Katingan tepat waktu dalam pelaksanaannya.
"Jangan sampai ada keterlambatan. Jika tidak bisa rampung sesuai dengan kontrak, maka ada kemungkinan dananya akan dikembalikan ke pusat," katanya mengingatkan.
Sebelumnya peresmian dilaksanakan acara selamatan Adat Dayak menyanggar dengan menyediakan 1 ekor sapi, 1 ekor babi, dan 3 ekor ayam. Diselengi juga dengan tarian Manasai dari warga setempat.
Bupati berserta Kapolres Katingan, Perwira Penghubung, Camat Tasik Payawan, dan beberapa Kepala Desa se-Kecamatan Tasik Payawan ikut menari. (DeTAK-aris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar